Bahaya Menggunakan Nulled Theme dan Nulled Plugin pada WordPress


Terdapat beragam kemudahan yang akan kamu dapatkan jika menggunakan website berbasis WordPress salah satunya dengan menggunakan fitur theme dan plugin. Dengan menggunakan theme yang sesuai, website yang kamu miliki akan memiliki kesan profesional, sedangkan dengan menggunakan plugin akan dapat mempermudah dan memperluas fungsi website seperti misalnya menambahkan fitur keamanan, mempermudah pembuatan halaman website dan lain sebagainya.

 

Pada dasarnya theme dan plugin adalah fitur yang sangat berguna pada WordPress, tapi terdapat juga istilah nulled theme dan nulled plugin. Apa itu nulled theme dan nulled plugin? Artikel ini akan menjelaskan mengenai pengertian nulled theme dan nulled plugin serta bahaya menggunakannya.

 

Apa itu Nulled Theme dan Nulled Plugin?

Nulled theme dan nulled plugin adalah versi bajakan dari theme dan plugin WordPress yang diambil dan dibagikan secara gratis oleh pihak yang tidak resmi. Biasanya, nulled theme dan nulled plugin diunduh dari situs-situs web yang tidak terpercaya atau forum-forum yang mencurigakan.

 

Tentu saja dengan menggunakan nulled theme ataupun nulled plugin pengguna bisa merasakan fitur premium dari plugin dan theme yang ada sehingga menyebabkan tampilan website lebih indah dan memiliki fitur-fitur yang lebih lengkap. Tapi sebenarnya menggunakan nulled theme dan nulled plugin sangat berbahaya. Misalnya dari segi keamanan dan kerentanan.

 

Nulled theme dan nulled plugin sudah pasti didapat dari pihak yang tidak bertanggung jawab, bisa saja pada file yang di-download disisipkan virus ataupun malware yang berbahaya yang bisa jadi membuat data website dicuri ataupun kehilangan akses ke website.

 

Bahaya Menggunakan Nulled Theme dan Nulled Plugin

Apa saja bahaya yang menanti jika seandainya kamu menggunakan nulled theme dan nulled plugin? Berikut ini adalah 9 bahaya menggunakan nulled theme dan nulled plugin.

 

  1. Kerentanan keamanan

    Nulled theme dan nulled plugin mungkin mengandung kode berbahaya yang disusupkan oleh pihak yang membuat versi bajakan tersebut. Kode ini bisa membuka celah keamanan bagi serangan peretas dan malware ke dalam website. Penggunaan nulled theme dan nulled plugin dalam jangka pendek maupun panjang akan memungkinkan peretas untuk mengakses website, mencuri data penting hingga mengambil alih kontrol website.

  2. Penyusupan backdoor

    Nulled theme dan nulled plugin mungkin memiliki backdoor yang tidak terlihat, yang memungkinkan peretas untuk mengakses website tanpa diketahui. Backdoor attack adalah salah satu bentuk serangan siber yang menargetkan website di mana peretas mencoba untuk membuat akses ke sistem atau jaringan yang diincar melalui pintu belakang atau celah yang tidak terlihat.

    Nulled theme dan nulled plugin biasanya menyusupkan aplikasi lain yang diinstal secara diam-diam ketika kamu menginstal nulled theme maupun nulled plugin. Setelah backdoor terpasang, peretas dapat memanfaatkannya untuk masuk ke website kapan saja tanpa harus mengetahui nama pengguna atau kata sandi, kemudian melakukan pencurian data maupun pengambilalihan website.

  3. Potensi pencurian data

    Khususnya jika menggunakan plugin yang berfungsi untuk mengumpulkan data, bisa saja data yang dikumpulkan akan secara otomatis terkirim ke pihak ketiga yang tidak ada hubungannya. Hal ini bisa terjadi dengan cara yang sama persis seperti dua cara sebelumnya dimana plugin atau themes sudah disusupi kode atau aplikasi pihak ketiga yang bertugas mencuri data.

  4. Tidak adanya dukungan

    Kamu tidak akan mendapatkan dukungan dari pengembang asli atau komunitas WordPress jika terjadi masalah pada plugin atau themes bajakan tersebut. Pengembang plugin atau themes biasanya mempunyai database dan mengetahui siapa yang menggunakan plugin bajakan ini sehingga jika seandainya kamu memiliki masalah, kamu tidak akan bisa meminta bantuan resmi maupun menanyakan masalahmu ke komunitas WordPress.

  5. Tidak menerima update

    Nulled theme dan nulled plugin tidak akan menerima update dan pembaruan keamanan dari pengembang asli karena didapatkan secara ilegal. Menggunakan nulled theme maupun nulled theme dalam jangka panjang akan meningkatkan kerentanan website dari serangan siber dan akan mempermudah para penyerang untuk menargetkan website yang menggunakan nulled theme dan nulled plugin.

  6. Masalah kompatibilitas

    Nulled theme dan nulled plugin mungkin tidak kompatibel dengan versi WordPress terbaru maupun plugin lain yang berhubungan dengan plugin yang digunakan. Theme maupun plugin yang tidak kompatibel dengan versi WordPres yang terinstal menyebabkan masalah dan kesalahan di website baik dari segi tampilan maupun aksesibilitas.

  7. Hilangnya fitur penting

    Nulled theme dan nulled plugin mungkin tidak memiliki semua fitur yang ditemukan pada versi asli, karena versi premium dari plugin biasanya sudah dilengkapi enkripsi tingkat tinggi sehingga pembajak tidak bisa memasukkan fitur tersebut pada versi bajakan.

  8. Hilangnya reputasi

    Jika website milikmu terkena masalah keamanan, dimana website ketahuan sudah kehilangan data atau terserang oleh hacker maka bisa jadi pengunjung akan kehilangan kepercayaan pada website tersebut. Dalam jangka panjang penggunaan nulled themes dan nulled plugin akan membuat kamu kehilangan pelanggan dan secara bertahap akan mematikan bisnismu.

  9. Dampak negatif pada SEO

    Penggunaan nulled themes dan nulled plugin baik secara langsung maupun tidak langsung akan mempengaruhi performa SEO website terhadap mesin pencari. Jika seandainya performa website terganggu karena penggunaan theme dan plugin ilegal tersebut maka bisa jadi mesin pencari menganggap website tersebut bermasalah dan akan menurunkan peringkat website tersebut.

 

Jika seandainya website ketahuan menggunakan aplikasi pihak ketiga yang tidak resmi biasanya browser dan mesin pencari akan memunculkan peringatan jika seandainya website yang akan didatangi berbahaya atau kamu akan dilarang memasukkan informasi sensitif pada website tersebut. Penggunaan nulled theme dan nulled plugin akan secara bertahap memperkecil total traffic organic website.

 

Gunakan Hanya Theme dan Plugin Resmi dari WordPress

Dalam rangka menjaga keamanan dan kesehatan website WordPress, disarankan untuk hanya menggunakan theme dan plugin resmi dan terpercaya yang diunduh dari sumber yang sah pada WordPress. Kamu bisa menginstal tema WordPress resmi melalui sub menu Plugin atau Themes pada WordPress admin, atau mengakses https://wordpress.org/themes/ atau https://wordpress.org/plugins/. Atau kamu juga bisa memasang theme atau plugin dari website resmi pengembang theme atau plugin tersebut.

 

Theme dan plugin tentu saja lebih terjamin dan aman. Selain itu keamanan website juga bisa semakin meningkat jika kamu menggunakan layanan hosting yang secara infrastruktur sudah aman. Misalnya seperti layanan WordPress hosting instan dari Biznet Gio yaitu NEO WordPress.

 

Dengan menggunakan NEO WordPress kamu bisa mendapatkan WordPress dalam waktu kurang dari satu menit tanpa repot setup server maupun hosting. Layanan ini berjalan di cluster Kubernetes sehingga lebih minim downtime dan lebih aman. Selain itu NEO WordPress juga memiliki fleksibilitas di sisi sumber daya yang bisa ditingkatkan sesuai kebutuhan.

 

Dapatkan NEO WordPress sekarang juga dengan harga Rp50.000/bulan. Kamu sudah mendapatkan CPU 2 Core, RAM 2 GB, dan 10 GB Storage. NEO WordPress juga dilengkapi gratis domain sementara, gratis sertifikat SSL, dan gratis bandwidth 10 Gbps tanpa kuota traffic dan biaya tersembunyi. Kunjungi Portal Biznet Gio Sekarang. Untuk informasi lebih lanjut bisa hubungi kami ke [email protected]



Source link

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *