Apa Itu Joomla? Pengertian dan Kelebihannya!

Saat membahas content management system (CMS) untuk membuat dan mengelola website lebih cepat dan efektif, pastinya semua orang akan langsung setuju bila WordPress menjadi CMS yang cukup populer untuk digunakan sampai saat ini. Kendati demikian, Joomla juga tak kalah populernya dengan WordPress, baik dari segi tampilan dashboard maupun fitur-fitur yang disajikannya.

Sama seperti kompetitornya, melansir dari situs resminya, Joomla juga merupakan CMS gratis dan bersifat  open source. Hal ini berarti CMS ini dapat diunduh, digunakan, dan dimodifikasi oleh penggunanya secara gratis.

Apa itu Joomla?

Melansir dari Technopedia, Joomla pertama kali dirilis pada 2005 dan merupakan alternatif dari WordPress. Selain itu, Joomla merupakan CMS kedua terpopuler setelah WordPress yang dapat digunakan untuk membuat, mengedit, dan mengelola website lebih mudah. Jika pada kompetitornya pengguna dapat membuat dan mengelola website tanpa menggunakan bahasa pemrograman, Joomla adalah next level-nya dari CMS tersebut yang berbasis PHP dan MySQL.

Walau demikian, jangan khawatir, karena penggunaan bahasa pemrograman pada CMS Joomla masih dapat dengan mudah dipahami dan digunakan, memiliki toolkit desain yang lebih powerful, fleksibel dari sisi front-end dan back-end, serta memiliki tampilan yang user-friendly. Dengan demikian, memudahkan kamu untuk memaksimalkan fitur yang tersedia. Saat ini pun telah banyak hosting provider yang menyediakan Joomla.

Selain itu, perbedaan mendasar antara Joomla dan WordPress adalah tujuan awal pembuatannya. Bila Joomla ditujukan untuk pembuatan portal-like website, misalnya forum atau media sosial, sementara WordPress berfokus untuk pada blog. Meskipun demikian, kedua CMS ini sudah dikembangkan dan dapat digunakan untuk membuat berbagai jenis website tanpa terbatas.

Masih dari laman resmi Joomla, CMS ini dapat digunakan untuk berbagai lini industri, seperti:
  • Situs web atau portal perusahaan, intranet, dan ekstranet
  • Situs web bisnis kecil
  • Majalah, surat kabar, dan publikasi online
  • E-commerce dan portal online reservation
  • Situs web pemerintah maupun organisasi
  • Blog atau portofolio untuk kebutuhan pribadi

Apa saja kelebihan Joomla?

1. Fiturnya fleksibel

Kelebihan pertama dari CMS Joomla adalah dapat digunakan untuk memulai website sederhana hingga website yang lebih rumit dan interaktif. Tidak perlu menggunakan developer karena dengan pengetahuan HTML standar, pengguna Joomla sudah bisa mengelolanya.

Baca juga: Apa Itu cPanel? Pengertian serta Fungsi cPanel

Selain itu, Joomla juga memiliki fitur-fitur yang fleksibel. CMS ini menyediakan ribuan ekstensi dan widget yang bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan website agar lebih efisien maupun ciamik.

2. Gratis dan open-source

Sebagai open-source CMS, Joomla dapat dengan mudah diunduh melalui website resminya dan digunakan secara gratis. CMS ini pun telah menyediakan ratusan pilihan plugin dan tema yang dapat diinstal secara cuma-cuma, tanpa perlu membayar biaya berlangganan sepeser pun. Joomla juga menggunakan bahasa pemrograman PHP yang sering digunakan oleh software open-source. Belakangan ini pun semakin banyak developer yang membuat ekstensi baru karena CMS ini memiliki infrastruktur yang open-source.

Selain itu, Joomla juga memiliki komunitas online yang luas sehingga bila kamu menemukan kesulitan, membutuhkan tips, tutorial, atau jawaban atas masalah yang dialami, kamu dapat dengan mudah menemukannya di komunitas tersebut.

3. SEO friendly

Hal yang harus diperhatikan saat memilih CMS adalah kemampuan untuk SEO friendly. Namun, bila menggunakan Joomla, kamu tidak perlu khawatir. Sebab, CMS Joomla sudah SEO friendly sehingga memungkinkan kamu dapat mengoptimasi website agar mendapatkan ranking yang tinggi pada mesin pencarian, seperti Google, Bing, atau Yahoo. Ada banyak sekali fitur dan ekstensi untuk membantu meningkatkan ranking halaman situs dengan mengoptimasi SEO ini.

4. Mudah digunakan

Salah satu tujuan dari kehadiran CMS adalah untuk memudahkan pengguna dalam membuat halam website dengan cepat dan efisien. Misalnya saja bila Joomla digunakan untuk membuat sebuah blog yang simpel, pengguna dapat dengan mudah memilih menu untuk membuat artikel dan tidak perlu mengetahui bahasa pemrograman. Cukup menekan tombol publish, artikel pun siap dirilis dan dibaca banyak orang.

5. Cocok untuk website e-commerce

Meski awal mula kehadiran Joomla ditujukan untuk membuat forum online, namun saat ini Joomla pun bisa dimanfaatkan sebagai website untuk e-commerce. Dengan Joomla, pengguna dapat mengelola konten dan toko online secara bersamaan, tanpa harus menggunakan platform yang berbeda, serta banyak sekali fitur untuk membuat menu transaksi jual beli secara online.

6. Keamanan

Dibandingkan kompetitornya yang bergantung kepada plugin yang sudah tersedia, Joomla terbilang jauh lebih unggul dari sisi keamanannya. Sebab, CMS ini sudah dilengkapi dengan fitur keamanan, seperti SSL maupun opsi lainnya, seperti two factor authentication.

Dapatkan Joomla untuk membuat Website!

Itulah pengertian dan berbagai kelebihan dari CMS Joomla. Dengan menggunakan layanan cPanel maupun hosting NEO Web Hosting dari Biznet Gio yang sudah termasuk cPanel sebagai control panel-nya. Hanya mulai dari Rp20.000 per bulan, kamu dapat dengan mudah menginstall CMS Joomla.

Dengan menggunakan cPanel, kamu bisa menginstall Joomla melalui menu Softaculous App Installer. Kemudian, menekan tombol “Install Now” dan akan diarahkan untuk mengisi beberapa informasi, seperti memilih instalasi URL, site name, site description, import sample data, admin username dan password, hingga memilih bahasa.

Baca juga: Cara Install Aplikasi Menggunakan Softaculous di NEO Web Hosting

Setelah berhasil mengisi berbagai informasi penting yang dibutuhkan, kamu akan diarahkan pada menu login Joomla. Gunakan username dan password yang berhasil dibuat, maka akan masuk pada tampilan dashboard awal Joomla.

Tak hanya cPanel, NEO Web Hosting juga sudah termasuk gratis bandwidth tanpa kuota dengan kapasitas hingga 10 Gbps, LiteSpeed Enterprise, gratis SSL, gratis domain, serta SSD storage hingga 120 GB.

Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi Portal Biznet Gio atau melalui [email protected]. Seluruh layanan dari Biznet Gio juga sudah mendapatkan sertifikasi keamanan, seperti SOC 2 Type II, PCI-DSS dan ISO 27001.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *