Cara Mengecek dan Mengatasi Broken Link di WordPress


Masalah umum yang sering terjadi ketika memiliki sebuah website adalah link yang rusak atau sering disebut sebagai broken link. Broken link ini dapat menurunkan pengalaman pengguna sehingga pengunjung website menjadi malas untuk mengunjungi kembali website tersebut.

 

Hal ini juga secara tidak langsung akan mengurangi traffic website sekaligus mempengaruhi peringkat website di mesin pencari. Oleh karena itu, penting bagi pemilik website untuk secara rutin melakukan pemeriksaan terhadap link yang ada di website mereka. Pada artikel kali ini, kita akan membahas bagaimana cara untuk mengecek dan mengatasi broken link.

 

Apa itu Broken Link?

Broken link adalah tautan atau hyperlink yang mengarah ke halaman atau dokumen yang tidak lagi tersedia atau telah dihapus dari server atau website. Broken link bisa terjadi karena berbagai alasan, seperti perubahan URL, kesalahan penulisan URL, dokumen yang dihapus atau dipindahkan, dan sebagainya.

 

Ketika pengguna mengklik broken link tersebut, biasanya akan diarahkan ke halaman eror 404, 404 not found, atau HTTPS eror 404 yang menunjukkan bahwa halaman atau dokumen yang dimaksud tidak tersedia. Istilah kode eror ini biasanya disebut dengan HTTP Status Code, yaitu sebuah kode yang dihasilkan oleh server web ketika browser mengirimkan permintaan HTTP ke server.

 

404 eror umumnya muncul ketika sebuah halaman web telah dihapus, dipindahkan, atau tidak tersedia di server. Ketika sebuah halaman web mengalami eror 404, maka browser akan menampilkan pesan kesalahan 404 dan pengunjung tidak dapat mengakses halaman tersebut.

 

Cara Mengecek Broken Link

Terdapat beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengecek broken link di website WordPress. Berikut adalah beberapa metode yang bisa kamu gunakan untuk mengecek broken link pada website.

 

1. Menggunakan Plugin WordPress.

Terdapat beberapa Plugin yang bisa kamu gunakan untuk mengecek broken link pada WordPress, salah satunya adalah dengan menggunakan plugin WordPress seperti misalnya Broken Link Checker dan Broken Link Checker by AIOSEO. Kedua plugin ini berfungsi untuk memonitor dan mendeteksi broken link pada website WordPress baik itu internal link maupun external link pada halaman website.

Broken Link Checker merupakan pengecek tautan cloud-based yang menggunakan engine yang dikembangkan oleh WPMU, pembuat Broken Link Checker, sehingga menyebabkan plugin ini dapat melakukan pemindaian terhadap broken link secara real-time dengan cepat. Bahkan plugin ini bisa digunakan untuk memindai secara menyeluruh, baik itu pada halaman website, konten, komentar, dan semua isi pada website yang memiliki tautan. Plugin ini dapat digunakan secara gratis dan tanpa biaya berlangganan apapun melalui direktori Plugin WordPress.

Plugin kedua yaitu Broken Link Checker by AIOSEO. Ini merupakan plugin untuk mengecek broken link yang dikembangkan oleh salah satu developer plugin untuk SEO yang cukup populer yaitu AIOSEO. Mirip dengan plugin pertama dimana plugin ini digunakan untuk mengecek internal dan eksternal link yang terdapat pada website. Plugin ini dapat digunakan secara gratis namun juga terdapat versi berbayar dengan beberapa fitur tambahan untuk meningkatkan kualitas SEO pada website dengan harga mulai dari $4.99 per bulan.

 

2. Menggunakan Google Search Console

Google Search Console merupakan sebuah platform gratis yang disediakan oleh Google untuk membantu pemilik website memahami bagaimana performa website mereka di mesin pencari Google. Dengan menggunakan Google Search Console, pemilik website mengetahui performa traffic organic website, mengidentifikasi masalah teknis pada website, mengecek status halaman web apakah sudah terindeks Google, dan menerima pemberitahuan jika ada masalah atau pelanggaran terhadap pedoman webmaster Google. 

Salah satu hal yang bisa dilakukan oleh Google Search Console adalah mengecek apakah halaman eror pada website. Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk mengecek broken link pada website.

 

  • Masuk ke Google Search Console, jika kamu belum mendaftarkan website milikmu daftarkan lebih dahulu.
  • Masuk ke menu halaman.

  • Scroll ke bawah hingga kamu menemukan Tidak Ditemukan (404).

  • Setelah itu kamu bisa melihat beberapa halaman yang rusak atau menunjukkan eror 404. 

 

3. Menggunakan SEO Tracking Tools.

SEO Tracking Tools merupakan tools tambahan yang bisa kamu gunakan untuk melacak kualitas SEO website. Aplikasi SEO Tracking Tools ini biasanya memiliki fitur site audit, melalui fitur ini kamu bisa mendeteksi broken link dan mendapatkan detail lengkap tentang halaman yang rusak tersebut beserta penyebabnya. Terdapat beberapa SEO Tracking Tools yang bisa kamu gunakan. Untuk rekomendasi dari kami, kamu bisa menggunakan 5 rekomendasi SEO Tracking Tool pada artikel di bawah ini.

 

Baca juga: 5 SEO Tracking Tools Terbaik 2023

 

Cara Mengatasi Broken Link

Setelah mengetahui dan mendeteksi broken link hal yang selanjutnya harus adalah memperbaiki link yang rusak tersebut. Berikut adalah beberapa hal yang bisa kamu lakukan.

 

  1. Merubah link URL yang rusak ke link yang baru.
  2. Redirect halaman eror 404 ke halaman yg lain.
  3. Menghapus halaman yang eror jika seandainya memang sudah hilang.
  4. Menghapus eksternal link yang rusak dan mengubahnya menjadi teks biasa pada halaman website, konten, kolom komentar, atau artikel pada website.

 

Sekian beberapa cara untuk mengecek dan mengatasi broken link, walaupun sebenarnya memperbaiki broken link sangat simpel, mendeteksi broken link dapat menjadi masalah tersendiri. Karena itu kamu bisa menggunakan beberapa solusi sebelumnya untuk mendeteksi broken link pada website. Website tanpa broken link tentu akan meningkatkan user-experience pengguna. Selain itu, kamu juga bisa meningkatkan user-experience pengunjung dengan memiliki website yang responsif dengan akses yang cepat. Untuk ini kamu bisa menggunakan NEO WordPress.

 

Layanan WordPress hosting NEO WordPress merupakan layanan hosting tanpa repot atur dan kelola server berteknologi Kubernetes. Saking instannya, kamu bisa mendapatkan aplikasi WordPress 60 detik sejak order berhasil dilakukan. Setelah itu, kamu bisa mengkustomisasi WordPress sesuai keinginanmu. Teknologi Kubernetes pada NEO WordPress juga menyebabkan website lebih cepat, lebih aman, dan minim downtime.

 

Dilengkapi gratis generated-domain, gratis bandwidth hingga 10 Gbps tanpa kuota traffic dan biaya tambahan, sumber daya komputasi dedicated dan fleksibel dimana sumber daya tersebut bisa di-upgrade dan downgrade sesuai kebutuhan. Dapatkan NEO WordPress sekarang juga dengan harga mulai dari Rp50.000/bulan untuk 2 vCPU Core, 2 GB RAM, dan 10 GB Storage yang masing-masing dibagi ke dalam 2 pod untuk apps dan database dengan konfigurasi sumber daya yang sama. Kunjungi Portal Biznet Gio, untuk informasi lebih lanjut hubungi [email protected].



Source link

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *